Pada postingan sebelumnya mimin udah share tentang E-Government. sekedar review, E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
disini mimin mau bagi sedikit pengalan mimin bersama LARAS. Jangan salah sangka dulu ya LARAS bukan seorang wanita melainkan sebuah situs layanan E-Goverment yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. nama lengkapnya LARAS ONLINE (Layanan Resmi Aspirasi Online) beralamatkan di http://pengaduan.bogorkab.go.id/ LARAS merupakan E-Government G2C yaitu Goverment to Citizen yaitu menjadi pengubung masyarakat bogor dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengadu, memberikan saran dan aspirasi.
cara menggunakan LARAS cukup mudah
cara menggunakan LARAS cukup mudah
- Pertama kita harus mengunjungi situs LARAS ONLINE pada alamat http://pengaduan.bogorkab.go.id/
- Kemudian jika sudah mempunyai akun kita bisa melakukan Login ke sistem. Masukan username dan password, tapi jika belum anda harus daftar terlebih dahulu, anda tinggal klik “Daftar Pengaduan ?” yang terletak dibawah username
- Isi form pendaftaran, setelah itu submit.
Form Pendaftaran - Kemudian Lakukan Aktivasi dengan menggunakan email. Buka email yang anda masukan saat mendaftar tadi, buka di kotak spam akan ada email dari administrator Laras, buka email tersebut, lalu klik “Aktifkan Akun Saya”. Setelah itu anda bisa login dengan username dan password yang telah anda buat.
- Kemudian akan muncul Tulisan “Terima kasih, Pengaduan Anda berhasil dikirim ” menandakan bahwa aspirasi kita telah terkirim dan tinggal menunggu tanggapan dari pemerintah selanjutnya.
- Untuk mengetahui apa pengaduan kita terkirim dan sudah dibalas kita pilih menu Pengaduan Terkirim.
Tampilan Halaman Pengaduan Terkirim
Halaman Utama LARAS ONLINE |
namun kekurangan dari situs ini belum adanya kepastian tentang berapa lama aspirasi kita akan ditanggapi
hingga H+7 saya melapor belum ada respon dari admin untuk menjawab. semoga kedepannya situs ini bisa lebih berkembang dengan baik.
Benar, dari websitenya sangat bagus, namun untuk kekurangannya sepertinya pemberitahuan kapan pengaduan kita akan direspon dari pemerintah kabupaten Bogor.
BalasHapussemoga kedepannya website ini lebih berkembang dan update sebagai pusat aspirasi online pemkab bogor
apakah andaq sudah pernah mencoba mengajukan pengaduan melalui sms
BalasHapussaya baru mencoba layanan online nya saja mba raveah
Hapusterimakasih infonya :)
BalasHapustapi kenapa ya, setiap saya buka, saya ga bisa masuk ke lamannyaaa.?
saya juga mengalami ini
Hapusketika saya menggunakan koneksi dengan menggunakan modem
tetapi ketika saya buka di warnet bisa dibuka
Dari segi tampilan website sangat bagus namun mungkin belum adanya sistem atau kebijakan yang kurang mendukung sehingga menyebabkan belum bisa berjalannya dengan baik website tersebut.
BalasHapusJangan lupa koment juga ya
http://advocadofriends.blogspot.co.id/2015/10/layanan-aspirasi-kota-bogor.html
terimakasih atas informsinya ya. Semoga sistem ini dapat menjadi contoh yang baik bagi pemerintahan lainnya
BalasHapusbagaimana kita seharusnya menyikapi aspirasi kita yang digantung ini pak ? karna kesal juga jika kita mengadu tapi tidak ada yg dengar
BalasHapusterimakasih artikelnya bermanfaat
ya tergantung jenis aduan bapak difa jika dirasa aduan perlu di cek kebenarannya dilapangan
Hapusmungkin yang harus dipertegas berapa hari maksimal kita mendapat balasan
Yang menjadi permasalahannya disini adalah apakah ada tim khusus yang bertugas menyelesaikan masalah pengaduan yang disampaikan oleh warga Bogor?
BalasHapussepertinya masalah itu harus ditanya ke Pemkab Bogor mas hadi
Hapus