Post Page Advertisement [Top]

Menerima email dalam VPS itu masalah gampang, asalkan mail servernya sudah siap dan setting MX recordnya sudah tepat pasti lancar – lancar saja. Lain lagi ceritanya kalau kita ingin mengirimkan email dari servernya, banyak faktor yang membuatnya gagal. Jadi SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) ini jelas tidak se-simple namanya.
Solusi alternatifnya adalah memanfaatkan layanan SMTP server eksternal dan terus terang malah merupakan metode utama yang saya gunakan untuk menjamin kiriman email diterima oleh yang dituju. Percuma kirim surat elektronik banyak – banyak kalau masuk spam.
Tentu saja kalau bisa layanannya bisa digunakan gratis dengan kuota yang masih masuk akal untuk sehari – hari atau lebih leluasa lagi. Jadi jelas saya hanya membahas layanan SMTP server yang memberikan jatah email sekian – sekian per bulannya dan otomatis reset setiap awal bulan billing baru. Banyak lho yang cuma menawarkan misal 10.000 email pertama setelah itu bayar.
  • Gmail: https://mail.google.com/
    Kalau anda punya akun Google/Gmail maka bisa memanfaatkan SMTP servernya secara gratis. Batasannya adalah 20 email per jam. Kekurangannya nanti isi From adalah alamat Gmailnya, jadi kurang bagus kalau ada yang memperhatikan.
    Sekedar cerita saja, saya tahu ada yang sampai menggunakan 5 akun Gmail dan dirotasi penggunaannya. Terus terang kalau pengirimannya sudah sebanyak itu lebih baik pakai yang berbayar saja.
  • SMTP2GO: https://www.smtp2go.com/
    Layanan SMTP server yang tidak ribet. Tinggal daftar dan gunakan saja username beserta password akun anda untuk mengirimkan email lewat SMTPnya. Ini yang sekarang saya pakai di forum Servernesia. Batasannya adalah 1000 email per bulan. Tidak banyak tapi sudah cukup untuk blog/forum skala kecil.
  • Mailjet: https://www.mailjet.com/
    Salah satu layanan SMTP favorit saya. Kuota yang diberikan lebih lega, hingga 6000 email per bulan. Melihat tampilan dasbornya bisa bikin bingung karena mereka juga menawarkan layanan newsletter. Gabung jadinya.
  • SendGrid: https://sendgrid.com/
    Ini adalah yang pertama kali saya coba 2 tahun lalu dan aktif digunakan sampai saat ini. Batasan emailnya adalah 12000 setiap bulannya. Senada dengan Mailjet, kalau anda hanya butuh SMTP maka fitur – fitur SendGrid lebih dari cukup.
  • Mailgun: https://www.mailgun.com/
    Mailgun mentargetkan pelanggan yang paham pengembangan software. Batasan emailnya 10000 per bulan. Tapi merupakan layanan SMTP yang agak bikin jengkel karena ribet sekali soal verifikasi data pelanggan. Saya ingat pas daftar langsung dinonaktifkan akunnya, muncul pesan error Your account is temporarily disabled. Business Verification Please contact support to resolve. dan buka ticket untuk kontak ke support juga bermasalah. Kalau anda bisa melanjutkan prosesnya baguslah, kalau tidak sebaiknya anda gunakan yang lainnya. Repotnya tidak sebanding.
    Update, sekarang sudah berhasil diverifikasi. Saya anjurkan lebih baik pakai API daripada SMTP servernya langsung. Entah kenapa saya mesti gagal kalau pakai SMTPnya Mailgun.
  • Pepipost: http://www.pepipost.com/
    Pepipost memberikan batasan kirim – kirim email terbesar: 25000 per bulan. Tapi saya agak ragu secara aktif menggunakannnya karena email konfirmasi registrasi akun mereka sendiri masuk ke spam. Haha.  Jadi sementara masuk tahap ujicoba, tapi rasanya cuma kesalahan sekali karena email – email setelahnya lancar jaya masuk inbox.
  • ElasticEmail: https://elasticemail.com/
    Ini nama baru yang sedang saya test-drive dari minggu lalu. Tahunya karena mereka partner dari OpenClassifieds yang sedang saya ujicoba juga.  Kerennya sih mereka memberikan limit sebesar 125.000 email per bulan secara gratis. Verifikasi yang repot cuma lewat SMS ke hp. Sisanya lancar jaya.
Daftar layanan SMTP server gratis diatas akan saya update dan koreksi dari waktu ke waktu. Karena ini namanya rekomendasi jadi jelas yang pernah saya coba saja, tapi anda bisa menambahkan layanan lain berikut kesan – kesannya.
Changelog:
 
Sedikit update untuk Mailgun dan menambahkan ElasticEmail.
Semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib